085361222016 | PEMBAGIAN


PEMBAGIAN

pembagian

PEMBAGIAN - Banyak sekali orang Indonesia berpikiran bahwa matematika merupakan pelajaran yang sangat amat tersulit membuat kepala pusing. Jadi tidak lagi heran bagi kita bahwa sering sekali nilai matematika yang paling rendah di lihat orang tua di rapot anaknya. Sebenarnya sangat mudah sekali untuk menguasai pelajaran matematika. Namun karena sudah dibayangi rasa sulit makanya terjadi nilai matematika yang rendah.

Bila diteliti bahwa kesulitan belajar matematika itu bukan dikarenakan mata pelajarannya sangat sulit dimengerti. Namun karena cara yang mengajar matematika itu tidak mudah dimengerti atau tidak sesuai dengan karakter si anak. Sebenarnya kalau mengajarkan matematika itu menggunakan teknik belajar yang sesuai maka pelajaran itu pasti sangat mengasyikkan dan mudah dimengerti. Ibarat seorang anak sudah mengerti bagaimana memainkan suatu game, pasti akan ketagihan sama halnya dengan matematika.

Di zaman sekarang ini banyak sekali lembaga belajar yang muncul untuk mengajarkan matematika dengan merode yang unik dan menarik dan berbeda untuk memperbaiki kemampuan anak bangsa kita untuk belajar matematika. Salah satu lembaga itu adalah Kursus Matematika (KU-MAT) Medan merupakan tempat untuk anda atau anak anda untuk belajar matematika.

Salah satunya materi yang diajarkan oleh lembaga KUMAT MEDAN mengajarkan tentang pembagian dengan metode yang sangat mudah dan sangat mudah dipahami. Salah satu cara untuk menggajarkan pembagian untuk tahap awal yaitu menghubungkan konsep pengurangan misalnya dengan melihat pembagian itu adalah pengurangan yang beruntun (28 : 4 artinya 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0). Sebab dengan konsep pendekatan pengurangan beruntun membuat sianak menggunakan pemahaman yang didapatnya membuat selama belajar awal penmbagian akan digunakan selanjutnya dalam pembagian yang lebih lanjut lagi. Cara lain lagi adalah dengan metode kebalikan dari perkalian. Siswa juga diharpkan sudah memahami tentang operasi perkalian. Kesimpulannya dengan kedua metode di atas diharapkan siswa dapat mengolah pemahaman konsepnya dengan bak dan tepat. 

Contoh:

1.Ibu Yani memiliki 72 buah APel. Beliau ingin membagi buah tersebut kepada 3 orang tetangganya. Berapa apel yang diterima masing masing tetangga Beliau?
pembagian
Jika secara matematikanya ditulis 72 : 3
Dikarenakan bilangan pembagi adalah 3, maka tuntutlah siswa untuk membuat tabel perkalian. Dengan membuat table perkalian anak tersebut lebih mudah untuk mengahafal perkalian daripada pembagian.

Langkah selanjutnya terangkan kepada siswa bahwa bilangan pembaginya adalah 3 sedangkan yang dibagi adalah 7, serta beritahu anak bahwa angka yang di bawah bilangan yang dibagi tidak boleh melebih angka yang dibagi. Atau coba tanya pada si anak berapa dikali 3 hasilnya yang mendekati 7 atau hasilnya 7?. Secara otomatis si anak akan melihat table perkalian dan menjawab perkalian 2 x 3 = 6. Mintalah siswa menuliskan dibawah bilangan pembagi dan angka 2 letakkan diatas  serta melanjut menghitung pengurangan angka 7 – 6 = 1

Langkah berikutnya setelah dikurang turunkanlah angka kedua yaitu 2 kebawah maka di dapat hasil 12. Tanya kembali si anak berapa dikali 3 hasilnya 12? Kemudian si anak akan melihat kembali table perkalian dan menjawab 4 x 3 = 12. Minta lah anak untuk melakukan langkah seperti yang tadi. Setelah itu angka depannya  yaitu 4 sebagai pengali angka 3 harus ditulis diatas tepat diangka 2. Kemudian kurangkanlah yaitu 12 – 12 = 0. Dikarenakan hasilnya sudah 0 maka proses pembagian sudah selesai.

Baca juga : Program Kami KUMAT

Jadi bagaimana?? Mudah bukan? Bila kita memiliki kemauan untuk mencoba maka akan mudah untuk dikerjakan. Yang perlu diketahui untuk belajar matematika itu harus ada kemauan dan konsentrasi.


Sekian dulu ya….selamat mencoba atau biar lebih semangat belajarnya silahkan gabung ssaja bersama kami Kursus Matematika (KU – MAT) Medan.. Daftar segera ya!!!! Kami tunggu kedatangan adik adik ya!!!!!!!!Salam Semangat

KONTAK KAMI
KURSUS MATEMATIKA (KU-MAT) MEDAN
YANTI PURBA
Hp/Line/ Wa : 0853 6122 2016
Jl.Gaperta Ujung Gg Simalungun No.4  - Medan - Sumatera Utara
IG : milagrosmedan
www.bit.ly/kumatmedan

Tonton VIdeo Kami: